Tugas 3 - 1.1.a.5.1. Mendesain Kerangka Pembelajaran sesuai dengan Pemikiran Ki Hajar Dewantara
1.1.a.5.1. Mendesain
Kerangka Pembelajaran sesuai dengan Pemikiran Ki Hajar Dewantara
Tugas 3
Hasil Diskusi Ruang Kolaborasi oleh :
CGP Angkatan 2 Kabupaten Temanggung Kelas A –
1
1. Adhie Listia Widhia W. - SDN 3 Kemiriombo
2. Nurdiyati - SDN Plosogaden
3. Aminah - SDN Jamusan
4. Peni Lestari - SMP Negeri 4 Temanggung
5. Antariksa Budiyatama - SD 3 Pendowo
KERANGKA PEMBELAJARAN SESUAI PEMIKIRAN
KI HAJAR DEWANTARA
Salam Bahagia
Salam Guru Penggerak
1. Profil Pelajar
Pancasila : Gotong-royong
2. Sumber daya dan potensi yang ada di sekolah dan kelas:
a. Adanya kegiatan ekstra kurikuler yang di sekolah (pramuka, drumband, rebana, dll)
b. Adanya kegiatan Peduli Lingkungan (bank sampah, Jumat bersih, dll) sebagai pembiasaan di sekolah.
c. Adanya dukungan dari rekan sejawat dan lingkungan sekolah.
3. Alur Kerangka Merdeka Belajar adalah :
a. Tujuan
Utama Merdeka Belajar
Pelajar
Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan
berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
b. Profil
Pelajar Pancasila yang kami pilih adalah :
Gotong
Royong
c. Kompetensi
Profil Pelajar Pancasila Gotong Royong adalah :
• Memahami tujuan
gotong royong.
• Memahami makna
dan manfaat gotong royong.
• Melakukan
kegiatan gotong royong di sekolah, keluarga dan lingkungan.
d. Indikator
ketercapaian dari Profil Pelajar Pancasila Gotong Royong adalah :
• Peserta
didik mampu memahami tujuan dari gotong royong di sekolah, keluarga dan
lingkungan masyarkat.
• Peserta
didik mampu memahami makna dan manfaat dari gotong royong di sekolah, keluarga
dan lingkungan masyarkat.
• Peserta
didik mampu mengimplementasikan gotong royong di sekolah, keluarga dan
lingkungan masyarkat.
e. Elaborasi
dan pelaksanaan konkret di sekolah dan di kelas kami adalah :
- Yang akan dilakukan untuk mencapai Profil
Pelajar Pancasila Gotong Royong adalah mengembangkan budaya gotong royong di
lingkunga sekolah, keluarga dan masyarakat. Memberikan umpan balik setelah
melakukan kegiatan gotong royong berdasarkan pengamatan dan cros cek cerita
dari peserta didik.menceritakan pengalamannya tentang kebinekaan yang pernah
peserta didik alami.
- Alasan kami memilih Gotong Royong sebagai
Profil Pancasila adalah agar Pelajar Indonesia mempertahankan budaya luhur,
mengikis sifat individualisme, memupuk kekekluargana dan persatuan
- Untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila
Gotong Royong di perlukan kegiatan dan pembiasaan dalam bekerjasama.
- Pihak
yang terlibat dalam kegiatan Gotong Royong tersebut adalah :
a. Peserta didik yang berperan sebagai objek
pencapaian Pelajar Pancasila Gotong Royong.
b. Guru among yang berperan sebagai pembimbing,
fasilitator, penuntun dan pelatih dalam pencapaian Gotong Royong dalam Profil
Pelajar Pancasila
c. Orang tua dan masyarakat sebagai pihak
kontrol sosial di luar sekolah.
Video dapat pula disimak di sini.
Menarik sekali, vidio yang disajikan, teruslah berkarya wahai CGP (bu Nur) yanghebat
BalasHapus