3.3.a.10. Aksi Nyata - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid
3.3.a.10.1. Forum Berbagi Aksi Nyata - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid
PROLIBER
(PROGRAM LITERASI DAN BERKARYA)
Oleh :
Nurdiyati
DGP Angkatan 2 Kabupaten Temanggung
Fasilitator:
Istinganah, M.Pd
Pendamping :
Darmadi, M.Pd.
Salam dan Bahagia
Program Pendidikan Guru Penggerak akhir modul mempelajari mengenai pemimpin dalam pengelolaan sumber daya dan pengelolaan program sekolah yang berdampak pada murid. Penyusunan program yang berdampak pada murid perlu memaksimalkan sumber daya yang dimiliki sekolah dengan melakukan tahapan MELR (Monitoring, Evaluation, Learning,Reporting) serta manajemen risiko.
Dari materi yang telah dipelajari kemudian saya bersama dengan komunitas di sekolah melakukan pemetaan sumber daya yang ada di sekolah. Salah satu sumber daya utama yang dimiliki adalah ketersediaan buku bacaan yang banyak di perpustakaan sekolah. Serta sumber daya manusia yaitu jumlah murid yang banyak dan memiliki beragam minat dan bakat. Dan sumber daya kegiatan yang sudah berjalan di sekolah.
Maka dari itu saya berinisiatif untuk melakukan suatu program yang berdampak pada murid dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki yaitu buku, murid (manusia) dan kegiatan yang sudah berjalan dengan melakukan Program Literasi dan Berkarya (Proliber). Tujuan Proliber adalah murid memiliki kemampuan literasi dan kreativitas tinggi yaitu ditunjukkan dengan murid yang memiliki sikap kritis, kreatif, percaya diri, jujur, menghargai orang lain, dan bertanggung jawab. Hal ini sesuai dengan visi misi yang telah dibuat.
Tujuan
Tujuan Program Literasi dan Berkreasi (Proliber) adalah murid memiliki kemampuan literasi dan kreatifitas tinggi yaitu ditunjukkan dengan murid yang memiliki sikap kritis, kreatif, percaya diri, jujur, menghargai orang lain, dan bertanggung jawab. Hal ini sesuai dengan visi misi yang telah dibuat.
Berikut adalah laporan kegiatan aksi nyata Proliber
Dokumentasi Kegiatan
Literasi
Berkarya
Komentar
Posting Komentar