Aksi Nyata 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak
Kegiatan Pengembangkan Diri dan Rekan Sejawat untuk Berinovasi dalam Pembelajaran Melalui Komunitas Sekolah untuk Menciptakan Pembelajaran Siswa yang Menyenangkan
Oleh :
Nurdiyati
CGP Angkatan 2 Kabupaten Temanggung
SD Negeri Plosogaden
Fasilitator :
Ibu Istinganah, M.Pd.
Pengajar Praktik:
Bapak Darmadi, M.Pd.
Salam dan Bahagia
Salam Guru Penggerak
I. Latar Belakang
Guru merupakan suatu profesi yang sangat mulia, karena harus mengajarkan dan mendidik serta menuntun siswa menuju kebahagiaan setinggi-tingginya sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman. Maka dari itu, usaha peningkatan kompetensi guru harus dilakukan untuk dapat meningkatkan kinerjanya dalam memberikan layanan kepada siswa. Usaha ini tak hanya dilakukan oleh pemerintah melalui diklat profesional namun juga dapat dilakukan mandiri dengan memanfaatkan kolaborasi dengan rekan sejawat dan komunitas yang ada di sekolah. Melalui kegiatan yang dilakukan secara mandiri, maka sesama rekan guru akan saling berbagi ilmu, pengetahuan, pengalaman serta saling memberikan masukan untuk dapat melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Terlebih di masa pandemi ini, siswa melakukan kegiatan belajar dari rumah, yang belum memperbolehkan untuk tatap muka, maka guru harus lebih inovatif dalam pembelajaran agar tidak menimbulkan kejenuhan. salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang dalam pembelajaran.
Teknologi yang dapat dimanfaatkan dan cukup ketersediaannya di masyarakat adalah penggunaan gadget. Gadget dapat dimanfaatkan sebagai media dalam pembelajaran. Kesempatan kali ini, kegiatan yang akan dilakukan adalah berbagi pengalaman tentang pemanfaatan gadget untuk pembuatan game edukasi dan pemanfaatan akun belajar dari pemerintah yang dapat digunakan sebagai suatu inovasi dalam pembelajaran. Hal ini juga didasari dari filosofi kodrat anak sejatinya adalah bermain. Jadi bermain namun tetap berisi konten pembelajaran diharapkan dapat membuat siswa lebih bahagia dalam belajar dan tentu saja diharapkan tujuan pembelajaran tetap tercapai.
II. Tujuan Kegiatan
Tujuan kegiatan aksi nyata ini adalah sebagai berikut:
- Supaya rekan sejawat memiliki pemahaman tentang pentingnya pengembangan diri untuk meningkatkan kompetensi.
- Supaya rekan sejawat memiliki pemahaman tentang Filosofi pendidikan berdasarkan pemikiran Ki Hajar Dewantara dan nilai serta peran guru penggerak
- Supaya rekan sejawat mampu menguasai dan mengaplikasikan teknologi dalam inovasi pembelajaran yang menyenangkan.
- Mewujudkan pembelajaran inovatif dan menyenangkan bagi siswa dan hasil yang lebih bermakna.
- Mewujudkan pembelajaran yang memperhatikan kodrat anak adalah bermain dalam suasana yang membahagiakan.
III. Deskripsi Aksi Nyata
Kegiatan aksi nyata ini diawali dengan membuat garis besar rancangan kegiatan. Kemudian dikoordinasikan dengan kepala sekolah tentang rencana kegiatan yang akan dilaksanakan. dengan maksud meminta ijin serta meminta arahan agar kegiatan dapat terlaksana dengan baik. Dilanjutkan dengan sosialisasi kepada rekan sejawat, untuk mempersiapkan diri mengikuti kegiatan dan memohon dukungan dalam pelaksanaan kegiatan. Kegiatan dilaksanakan keesokan harinya setelah segala sesuatu materi maupun sarana dipersiapkan.
Pada keesokan harinya seluruh rekan berada di ruang yang sudah dipersiapkan. Kegiatan yang dilakukan penulis adalah mensosialisasikan Filosofi pendidikan berdasarkah pemikiran i Hajar Dewantara, serta nilai dan peran guru penggerak. Kemudian aplikasi yang diberikan dan dikenalkan adalah aplikasi yang dianggap ringan dulu yaitu dengan wordwall dan aktivasi akun belajar dari pemerintah untuk aplikasi canva for education. Kemudian setelah kegiatan selesai, rekan guru mencoba membuat suatu permainan sesuai materi masing-masing kelas. Penulis memberikan bimbingan agar pembuatan dan hasil sesuai harapan. Kemudian setelah selesai, rekan mengaplikasikannya dalam pembelajaran di kelasnya.
IV. Hasil Aksi Nyata
- Rekan sejawat memiliki pemahaman dan pengetahuan tentang pentingnya pengembangan diri untuk meningkatkan kompetensi sehingga dapat meningkatkan pelajaran terhadap siswa lebih baik lagi.
- Rekan sejawat memiliki pemahaman tentang Filosofi pendidikan berdasarkan pemikiran Ki Hajar Dewantara dan nilai serta peran guru penggerak, dan mampu melakukan kolaborasi berbagi ilmu dan pengalaman di kelasnya masing-masing.
- Rekan sejawat mampu menguasai dan mengaplikasikan teknologi dalam inovasi pembelajaran yang menyenangkan, diterapkan dalam pembelajaran sehingga siswa merasa lebih senang.
- Guru dapat berinovasi sehingga dengan pembelajaran inovatif dan menyenangkan bagi siswa maka hasil yang dirasakan siswa lebih bermakna
- Mewujudkan pembelajaran yang memperhatikan kodrat anak adalah bermain dalam suasana yang membahagiakan.
- Guru dapat menerapkan pemakaian Wordwall dalam pembelajaran di kelas.
V. Refleksi Aksi Nyata
Kegiatan aksi nyata ini membuat rekan sejawat memiliki kesadaran untuk mengembangkan diri meningkatkan kompetensi yang dimiliki. Rekan sejawat antusias mengikuti kegiatan sosialisasi dan bimbingan pembuatan game edukasi dan pemanfaatan akun belajar untuk canva for education, kemudian belajar dan berusaha untuk membuat dan diterapkan dalam pembelajaran di kelas masing-masing.
Kendala yang dihadapi selama pelaksanaan aksi nyata adalah masih ada beberapa guru yang kesulitan dalam membuat game edukasi, karena kesibukan lain yang harus dilakukan. Namun ini dapat diatasi dengan penulis membantu dan mendampingi untuk pembuatan dan penerapan di kelasnya. Akhirnya semua guru dapat menggunakan dan menerapkan di kelasnya masing-masing.
Kegiatan di kelas dapat berjalan karena semua siswa sudah memiliki gadget walaupun milik orang tua. Sebagian siswa merasa senang dengan kegiatan yang dilakukan oleh guru kelas masing-masing. Kendala yang dihadapi sebagian besar adalah karena sinyal yang memang sebagian di daerah kami koneksi kurang baik. Namun secara keseluruhan dapat berjalan.
Sebagian besar untuk pengkatifan akun canva for education baru sebagian yang melaksanakan, karena ada juga rekan yang belum memilliki akun belajar.id. Namun mereka memiliki minat untuk mengaktifkan dan memakainya untuk canva karena mengetahui banyaknya kelebihan yang didapat.
VI. Rencana Perbaikan di Masa Mendatang
Kegiatan aksi nyata yang sudah dilakukan akan dibuat agenda kegiatan agar dapat secara rutin dilakukan dan berkelanjutan. Pengalaman baru dan ilmu baru yang didapat penulis akan disampaikan ke rekan sejawat demi kemajuan pendidikan di sekolah. Tak hanya penulis, teman sejawat juga berkeinginan melakukan hal yang sama, saling berbagi pengalaman dan pengetahuan.
VII. Dokumentasi Kegiatan
Dokumentasi pelaksanaan aksi nyata 1.2 nilai dan peran guru penggerak
Berkoordinasi dan memohon ijin dengan kepala sekolah
Sosialisasi kegiatan kepada rekan sejawat
Persiapan tempat, sarana prasarana
Materi Sosialisasi
Pelaksanaan kegiatan sosialisasi Nilai dan peran guru penggerak
Kegiatan pembimbingan terhadap rekan sejawat
Hasil kegiatan siswa
Testimoni
VIII. Penutup
Demikian laporan hasil aksi nyata 1.2 yang dilakukan penulis. Tiada gading yang tak retak. Saran dan kritik membangun sangat diharapkan untuk perbaikan kegiatan di masa mendatang. Semoga bermanfaat.
Salam dan Bahagia
Guru Bergerak, Indonesia Maju
Komentar
Posting Komentar